Seringkali konsumen pengguna PABX ingin ganti pabx karena ada suara pihak lain yang terdengar setiap kali bicara melalui telepon dengan pihak luar atau pun antar extension. Apakah perlu ganti pabx bila hal ini terjadi?
Crosstalk ini dapat terjadi karena dua kemungkinan masalah, yaitu pada:
Kabel
Hardware PABX
1. masalah kabel
adalah kemungkinan terbesar karena kabel menjadi penghantar utama dari Sentral Telephone Otomatis terdekat ke pengguna dan jaringan internal di wilayah milik pelangganpun adalah kabel.
Secara rinci masalah dapat terjadi disisi penelpon atau yang ditelpon.
disisi kabel antara STO (sentral telepon otomat) dengan pelanggan
ada pula kemungkinan masalahnya bisa terjadi disisi STO lainnya ke pelanggan yang diajak berbicara.
kabel di jaringan internal antara pabx dengan extension di pelanggan ataupun
kabel jaringan internal di pelanggan yang diajak bicara.
Penyebabnya:
kabel tidak pair
kabel terendam air atau lembab.
pernah satu peristiwa box di tiang telepon terdapat banyak semut yang tinggal dan bersarang menyebabkan crosstalk pembicaraan antara satu pelanggan dan pelanggan lainnya. Hal ini diketahui setelah box tersebut diperiksa oleh petugas Telkom.
Ada juga peristiwa lain kabel jenis PVC terendam air, kebetulan adalah jaringan internal yang terperiksa setelah dilakukan pemeriksaan secara lebih teliti.
kabel ada yang terkelupas.
2. Masalah Hardware pada PABX atau pada STO
Sangat jarang terjadi tetapi, penulis pernah menemukan hal ini terutama pada PABX model analog. kemungkinan kerusakan pada bagian komponen IC maupun rangkaiannya yang bertugas mengatur swtching antar extension dan line CO.
Pemeriksaan ini perlu dilakukan dengan cara mengganti modul-modul pabx terlebih dahulu untuk mengetahui letak problemnya terlebih dahulu sebelum dilakukan repair secara lebih rinci pada modul yang ditemukan kerusakannya.
Jadi apakah perlu ganti pabx? Periksa dahulu penyebabnya, baru diputuskan perlu ganti atau tidak.
No comments:
Post a Comment